Cara Yang Benar Install dan Compile Aplikasi Software Di Kali Linux

Kali linux merupakan salah satu sistem operasi yang didalamnya terdapat banyak sekali Tool Hacking yang sangat ampuh. Tidak hanya untuk Hacking saja, ternyata di dalam kali linux juga terdapat aplikasi atau software untuk menangkal Hacking atau istilahnya White Hacker. Memang di dalam Kali Linux sudah terdapat paket lengkap aplikasi dan software yang bisa digunakan untuk Pentesting atau tester. Namun terdapat beberapa aplikasi yang tidak disematkan pada Kali Linux seperti Aplikasi Snort.

Bagi pengguna Kali Linux lama tentu saja aplikasi Snort ini tidak diikut sertakan nah untuk memasangnya pada sistem kali linux yang kita pakai, kita harus melakukan penginstalan manual atau Compile. Perlu untuk diketahui bahwa Snort merupakan salh satu aplikasi Instrusion Detection System (IDS) yang dapat mengetahui dan menguji suatu exploitasi sistem dan bisa juga digunakan untuk penangkal exploitasi, Penangkal Sniffing paket, Penangkal TCPdump dan lain sebagainya.

Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara install dan compile aplikasi software yang tidak ada di Kali Linux seperti aplikasi Snort ini.

Tutorial Compile Aplikasi Software Di Kali Linux.

Untuk melakukan instalasi program atau aplikasi pada Kali Linux memang tidak seperti di Windows tinggal Next dan Next melainkan kita harus mengetahui beberapa langkah dan perintah untuk menjalankan proses instalasinya, berikut adalah cara decompile di kali linux:

1. Download Aplikasi Programnya

Berhubung disini saya akan mencoba menginstall Snort, maka kita harus mendownload aplikasi Snort dari website resminya di snort.org dan Nanti kita akan mendapati format .tar.gz kalau di Windows .rar.

download snort kali linux

2. Instalasi

Memang setiap aplikasi software pada Kali Linux memiliki komponen-komponen tersendiri. Untuk Snort sendiri kita harus menyiapkan beberapa tambahan komponennya. Langsung saja kalian buka Terminal lalu ketikkan perintah:

sudo apt-get install flex bison build-essential checkinstall libpcap-dev libnet1-dev libpcre3-dev libmysqlclient15-dev libnetfilter-queue-dev iptables-dev

nanti ada konfirmasi (y/n) kalian pilih Y untuk proses instalasinya.

3. Build dan Install Libnet

Selanjutnya kita membutuhkan komponen libnet. Kalian bisa mendownloadnya libnet dari sumbernya.

wget https://libdnet.googlecode.com/files/libdnet-1.12.tgz
install libdnet kali linux

Apabila link tersebut tidak bisa kalian bisa menggantinya dengan link lainnya yang ada di Google.

Selanjutnya apabila sukses mendownloadnya, langkah berikutnya adalah melakukan extract dengan perintah:

tar xfvz libdnet-1.12.tgz
cd libdnet-1.12

Dilanjut dengan melakukan konfigurasi untuk versi 64-bit

./configure "CFLAGS=-fPIC"

dan yang terakhir barulah untuk proses penerapanya:

make
make lindnet kali linux

4. Menerapkan link symbolik untuk Snort agar bisa mencari Libnetnya

Langkah keempat kita harus membangun Link Simbolik untuk Snort pada tempat libnet terinstal karena Snort memerlukan komponen libnet unutk pengoeprasianya, ketikkan perintah:

ln -s /usr/local/lib/libdnet.1.0.1 /usr/lib/libdnet.1

5. Build and Install Data Acquisition (DAQ) Library

Snort juga membutuhkan yang namanya Data Acquisition Library (DAQ) yang merupakan suatu layer untuk Input/output (I/O) yang dapat menampilkan perangkat keras pada paket I/O. Kalian bisa mendownloadnya dari situs resmi snort.org

download daq kali linux

Apabila sudah didownload kalian letakkan pada Desktop lalu ketikkan perintah di terminal:

tar xvfz daq-2.0.2.tar.gz

daq-2.0.2.tar.gz (ganti dengan nama file jika kalian mendownload versi lainya).

desktop kali linux

Selanjutnya kalian merubah direktori tempatnya dan melakukan konfigurasinya:

cd daq-2.0.2
./configure
make

6. Tahap Instalasi Snort

>Sekarang kompinen sudah lengkap dan saatnya proses instalasi dan compile Snort. Kita rubah terlebih dahulu direktorinya ke Desktop.

cd Desktop
cd desktop kali linux

Lalu masuk ke direktori /bin dan buat direktori /bin di dalamnya:

cp /root/Desktop/ snort-2.9.6.1.tar.gz /bin/snort
install snort desktop

Yang terakhir kita unrar:

tar xzvf snort-2.9.6.1.tar.gz
install snort desktop

7. Melakukan Compile

Pada tahap terakhir ini kita memerlukan proses Compile Snort. Sekarang ganti ke directory baru yang dimana kita membuka file tar dan melakukan konfigurasi:

cd /bin/snort/snort-2.9.6.1
./configure
make
configure snort

Tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai kita bisa langsung mengetes dan menjalankanya dengan perintah:

snort
menjalankan snort

Perlu untuk kita ketahui bahwa ada beberapa aplikasi berbeda untuk proses Compile dan Instalasinya namun langkah-langkahnya hampir mirip dan proses COmpile dan instalasinya sama seperti beberapa tahap yang dibutuhkan:

  • Download Aplikasinya
  • Buka file dengan mengextractnya
  • Melakukan .configure
  • Membuat Make

Itulah tadi beberapa langkah sederhana bagaimana  cara melakukan install dan Compile Aplikasi Software pada Kali Linux. Memang cara diatas sedikit ribet dari pada Windows yang tinggal Next-Next saja secara otomatis bisa terinstall. Disamping kerumitanya tersebut, kita juga bisa belajar bagaimana proses tahap sistem dalam melakukan instalasi suatu program dan tentu saja bisa dijadikan pemahaman dan proses pembelajaran di Sistem Operasi Linux sendiri.

Ada juga cara yang tidak rumit untuk proses instalasi program pada Linux yaitu dengan perintah sederhana dan otomatis dengan perintah:

apt-get install snort

Perintah diatas dapat melakukan instalasi secara otomatis tanpa ribet karena dapat melakukan instalasi secara otomatis dari Repository server, akan tetapi terkadang ada beberapa aplikasi atau program yang harus menginstalnya secara manual.

Cek Video Tutorialnya
  • Tidak, untuk proses intalasi setiap aplikasi pada kali linux berbeda-beda tergantung dari komponen yang dibutuhkan. Misalnya saja Wifiphisher, untuk melakukan intalasi Wifiphisder dibutuhkan yang namanya Python3, libnl-3-dev dan lain sebagainya.
  • Untuk mengintall aplikasi yang diinginkan di Kali Linux, kalian bisa langsung saja mengetikkan perintah
    apg-get install ... (nama aplikasinya).
    Maka nanti akan secara otomatis menginstal aplikasi dari server Repositorynya.
  • Tidak, proses instalasi dan Compile aplikasi ini juga bisa dilakukan di sistem operasi selain Kali Linux, misalnya Debian dan lain sebagainya.