Cara Yang Benar Membuat Wordlist Agar Password Cepat Di Hack Pakai Crunch

Membuat Wordlist Agar Password Cepat Di Hack memang tidak perlu membutuhkan trik khusus. Dalam dunia Hacking banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghack atau menjebol suatu login atau password. Terdapat beberapa trik yang sangat cepat dan ampuh untuk menjebol suatu password. Dengan bantuan sistem operasi kali linux, kalian bisa install kali linux untuk mempermudah untuk menjebol password.

Berbicara seputar password selalu identik dengan daftar kata atau di dunia Hacking namanya adalah Wordlist. Tentu saja Wordlist ini sangatlah diperlukan untuk membuat banyak kata kunci untuk dicoba menerobos login atau password. Bagi orang awam tentu saja akan membuat wordlist ini secara manual dan itu sangatlah ribet dan kurang efektif. Di Dalam kali linux ada namanya Tools yang mempermudah Hacker membuat Wordlist ini. Salah satu tools yang sering saya gunakan untuk menebak kata kunci atau password adalah Crunch.

Didalam Alat Crunch yang ada di kali linux ini, kita tidak perlu repot lagi membuat daftar password, karena didalam fiturnya mampu secara otomatis meng-generate semua huruf, angka, dan simbol dan juga banyaknya jumlah karakter yang akan kita buat serta bisa memasukkan huruf kecil dan besar dalam Wordlist yang akan kita buat secara kombinasi mulai dari huruf a-z, A-Z, 0-9 dan beberapa simbol yang ada di keyboard.

Tutorial cara menggunakan Crunch untuk membuat Wordlist

da beberapa perintah di Crunch untuk membuat daftar password atau Wordlist yang bisa kalian gunakan untuk menghack password, Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka Crunch

Untuk membukanya kalian bisa pergi ke:

Applications -> Kali Linux -> Password Attacks -> Offline Attacks -> crunch (tergantung dari versi kali linux yang kalian pakai)

membuka crunch

Crunch memang salah satu tools yang unik dan simpel untuk membuat daftar password sehingga tampilannya yang sederhana banyak digunakan Hacker untuk membuat suatu daftar Password

2. Penggunaan Syntax Crunch

Untuk menjalankan Crunch, kalian harus memahami beberapa perintah atau Syntax untuk memulainya. Syntax dasarnya seperti ini:

crunch (min) (max) (karakter) -t (pattern) -o (letakfile)

Penjelasanya:

  • min = Panjang kata sandi minimum.
  • max = Panjang kata sandi maksimum.
  • characterset = Kumpulan karakter untuk membuat kata sandi. (a-z, A_Z, 0-9, dan simbol)
  • -t (pattern) = Pola yang bisa disesuaikan apabila kalian ingin membuat karakter dari kata sandi yang dihasilkan. CONTOHNYA apabila kalian mengetahui tanggal lahir suatu password atau orang yang ingin dijebol untuk menggunakan perkiraan dan tanggal lahirnya adalah 11 mei 1991 atau (11051991) dan kalian menebak bahwa passwordnya berkaitan dengan tanggal lahir. Kalian bisa membuat password yang diakhiri dengan 11051991 dengan memberikan pola di Tools Crunch: @@@@@@@11051991 Atau bisa @@@@@@@11mei1991

    Sehingga dari contoh diatas dihasilkan berisi 15 karakter (7 variabel dan 8 tetap) yang nanti semuanya diakhiri dengan 11051991.

  • -o (letakfile) = lokasi file Wordlist yang akan di generate dan disimpan

3. Semua Perintah dan Petunjuk Crunch

Untuk melihat semua perintah dan petunjuk Crunch, kalian bisa mengetikkan perintah berikut ini: man crunch

semua perintah crunch

Maka disana nanti akan menampilkan semua petunjuk dan perintah untuk menggunakan Tools Crunch ini secara lengkap, mulai dari membuat huruf kecil besar, mengatur banyaknya karakter dan lain sebagainya.

Disana kalian bisa terlihat perintah -f. Perintah ini dapat kita gunakan untuk memilih set karakter yang ingin kita pakai untuk menghasilkan daftar kata kita. Perintahnya adalah:

-f /path/to/charset.lst (charactersetname)

Langkah diatas untuk memberi tahu crunch di mana letak charset.lst berada lalu setelah itu memilih set karakter tertentu yang sudah dari daftar itu. Di Kali Linux, charset.lst terletak di:

/usr/share/rainbowcrack/charset.lst

4. Membuat Perintah Simpel Tanpa Repot Pada Crunch

Sekarang kita tes untuk membuat daftar Wordlist yang sederhana dan simpel kita contohkan bahwa kita mengetahui password router dan kita mencoba 4-8 karakter: crunch 4 8

perintah simpel crunch

Angka 4 Disini adalah panjang karakter minimalnya dan 8 adalah maksimal karakternya

Maka nanti Crunch akan menampilkan perkiraan jumlah Wordlist dan kapasitas file yang akan di Generate.

Berikutnya kita akan mencoba membuat Wordlist dengan angka saja dengan panjang karakter antara 6-8 karakter. Maka Crunch akan membuat daftar lengkap dari angka 0-9 untuk 6-8 karakter dan menyimpan dengan nama numericwordlist.ls crunch 6 8 1234567890 -o /root/numericwordlist.lst

membuat wordlist dengan crunch

Dan contoh lagi apabila kita mengetahui bahwa passwordnya ada berkaitan dengan tanggal lahir 28 Juli pada akhir passwordnya dan jumlah karakternya 10, maka kalian kita bisa membuat pola perintah syntaxnya: crunch 10 10 -t @@@@@@0728 -o /root/birthdaywordlist.lst

membuat wordlist crunch
Tanda @ adalah digunakan untuk mewakili wildcard dari semua kemungkinan yang ada, dan literal "0728" nilai yang tetap.

5. Membuat Perintah Komplex Tanpa Repot Pada Crunch

Salah satu kemudahan membuat Wordlist dengan crunch adalah fitur untuk memilih set karakter tertentu atau juga bisa membuat set karakter yang sesuai dengan keinginan kita untuk menghasilkan daftar kata sandi Anda.

Apabila kita sudah mengetahui kemungkinan beberapa kumpulan karakter yang biasa dipakai oleh target yang biasa digunakan untuk membuat password, kita bisa mudah untuk memilih beberapa kumpulan karakter untuk menghasilkan daftar password yang kita inginkan. Pilihan set karakter dapat kalian temukan di:

/usr/share/rainbowcrack/charset.txt

membuat wordlist crunch

Dicontoh ini kita menganggap tahu bahwa target memakai 8 karakter password yang hanya memakai karakter alfabet saja dengan kombinasi huruf besar dan kecil saja tanpa angka, kita bisa memasukkan perintah: crunch 8 8 -f /usr/share/rainbowcrack/charset.txt mixalpha -o /root/alphawordlist.lst

membuat wordlist crunch

Maka Crunch segera mengenerate atau membuat password dengan jumlah 8 karakter saja yang isinya cuma huruf besar dan kecil tanpa angka dan menyimpan filenya dengan nama alphawordlist.lst di lokasi root user.

Biasanya alat Crunch ini biasa digunakan untuk melakukan serangan Brute-Force atau bisa juga digunakan sebagai alat untuk menjebol password wifi WPA2 yang dikombinasikan dengan John The Ripper untuk meneruskan mempause dan meresume sejauh mana password dicoba saat kita mencoba menghack atau crack dengan Aircrack-ng

Crunch memang salah satu alat yang sangat berguna untuk menghasilkan sebuah daftar kata tertentu yang dapat dipakai untuk membuat Wordlist yang akan digunakan untuk menyerang login atau password.

Download Bahan-Bahanya

  • Fitur unik yang ada di Crunch dapat membuat daftar daftar password secara urut dan dapat disesuaikan, mulai dari huruf kecil (a-z), huruf besar (A-Z), angka (0-9), dan simbol karakter (!@#$%^&*()|}{)
  • Biasanya kalau kita mencoba melakukan hack password apabila sudah memiliki Wordlist adalah dengan metode Brute-Force. Metode ini digunakan untuk mencoba satu-per satu password yang sudah dipersiapkan di Wordlist dan apabila komputer mati maka kita harus memulainya dari awal. Nah dengan bantuan Crunch + John The Ripper kalian tidak perlu lagi khawatir jika mencoba crack password kembali ke awal lagi apabila komputer dimatikan karena metode ini bisa meresume atau melanjutkan sesi yang telah dibuat.
  • Cara membuat Wordlist dengan Crunch sangatlah akurat dan presisi karena setiap huruf, angka, atau simbol yang sudah ditentukan atau sudah di reset akan di generate sesuai dengan jumlah karakter yang diperlukan. Jadi tidak perlu khawatir ada karakter yang tertinggal jika sudah mansetnya.